Pages

Friday 13 July 2012


Baru-baru ini banyak kerjaan soal Xampp ma Asp.Net.. klo Xampp dan asp.net biasanya kan bentrok jadi saya cari-cari instalasi xampp dan dengan iis7 bersamaan.. klo di instal bersamaan kan bentrok brow.... kan sama-sama portnya 80 brow....
nich cara instalasinya...
MENGAKTIFKAN IIS 7
Secara default, dalam Windows 7 sudah terdapat IIS 7. Namun masih belum diaktifkan. Ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengaktifkannya, diantaranya adalah :
1. Buka Control Panel > Programs
 
2. Pada Programs and Features klik Turn Windows Features on or off
3. Muncul dialog box windows feature. Pilih Internet Information Service dengan mencentang bagian kirinya. Biasanya akan muncul kotak berwarna biru. Pastikan tandanya berubah menjadi centangan. Bukan kotak biru. Hal ini berarti semua yang ada di dalamnya telah tercentang.
 
5. Klik OK
6. Restart komputer Anda terlebih dahulu untuk memastikan IIS dapat berjalan.
7. Untuk mengecek apakah IIS dapat berjalan dengan baik, ketikkan http://localhost/ pada web browser Anda. Jika IIS berjalan, maka di web browser akan muncul gambar di bawah ini :

MENGATASI BENTROK DENGAN XAMPP
Default port yang digunakan oleh IIS 7 adalah 80, yang merupakan port yang sama yang digunakan oleh Apache XAMPP. Oleh karena itu, port XAMPP harus diubah agar tidak bentrok dengan IIS 7. Caranya adalah sebagai berikut :
1. Membuka file httd.conf pada xampp\apache\conf dengan menggunakan editor. Biasanya menggunakan Notepad++
2. Sekitar baris 45 ubahlah :
menjadi :
3. Pada sekitar baris 181 ubahlah :
menjadi :
4. Buka file httpd-ssl.conf pada xampp\apache\conf\extra menggunakan text editor. Biasanya menggunakan Notepad++
5. Sekitar baris 39 ubahlah :
menjadi :
6. Sekitar baris 80 ubahlah :
menjadi :
konfigurasi ini dilakukan untuk mengubah port yang ada di dalam XAMPP yaitu port 80 dan 443 diubah menjadi 8080 dan 4499 dengan tujuan agar tidak bentrok dengan IIS. Namun, pada akhirnya untuk mengakses xampp, harus menggunakan http://localhost:8080/
atau denngan mematikan IIS7
http://localhost dengan IIS serverhttp://localhost (pada port 80) ditempati IIS server
Untuk mematikan IIS server tersebut dapat dilakukan melalui Start > Control Panel > Administrative Tools > Services (atau tekan Windows+R lalu ketikkan “services.msc”). Cari “World Wide Web Publishing Service”. Klik “Stop the service”. Ubah kembali “Listen 85″ menjadi “Listen 80″ pada file “HTTPD.CONF” tadi. Jalankan Apache server (pastikan Apache server telah berjalan / running). Masukkan URL “http://localhost” pada web browser. Sekarang XAMPP sudah dapat digunakan lagi sebagai local development server.
Disable World Wide Web Publishing ServiceDisable World Wide Web Publishing Service
Kasus lain jika ada aplikasi Skype yang berjalan pada PC kita, bisa jadi service  aplikasi tersebut yang telah menempati port 80. Untuk mematikasnnya, buka aplikasi Skype lalu pilih menu Tools -> Advanced -> Connections. Lalu hilangkan tanda centang (uncheck) pilihan ”Use Port 80 and 443″ dan tutup aplikasi Skype. Coba jalankan kembali Apache serve

1 comment: